Thursday, July 16, 2009

Keutamaan Sholat Tahajud

Bismillahirrohmanirrohim. Sholat Tahajud merupakan salah satu ajaran sunnah Rasulullah SAW yang sangat dianjurkan dalam Islam. Bahkan, shalat Tahajud menduduki posisi kedua setelah shalat wajib. sebagai mana yang pernah ditanyakan seorang sahabat Rasulullah SAW.
"Shalat yang manakah yang paling utama setelah shalat wajib?" Rasulullah SAW menjawab "Shalat Tahajud" (HR. Muslim).

Hukum melaksanakan shalat Tajahud yaitu sunah muakad (sangat dianjurkan). Salah satu dasar disyariatkannya shalat Tahajud, sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Sholat sunah yang utama setelah sholat fardhu adalah sholat Tahajud" (HR. Abu Dawud)

Kapan sebaiknya melakukan sholat Tahajud? Sholat Tahajud dilakukan pada malam hari setelah shalat Isya dan disyaratkan tidur lebih dahulu. Pelaksanaan Tahajud tersebut, dikaitkan dengan waktu yang utama, yaitu sepertiga malam terakhir.

Untuk melaksanakan sholat Tahajud memang memerlukan perjuangan yang cukup berat. Karena dilaksanakan pada waktu manusia sedang enak-enaknya tidur dan melawan bisikan setan untuk tidur lelap, apalagi dengan udara yang dingin. Namun dibalik semua itu, Allah memberikan fadhilah (keutamaan) yang besar kepada siapa saja yang melakukan ibadah sunnah ini, yaitu derajat yang mulia, baik di dunia ini maupun di hadapan-NYA nanti, sebagaimana tersirat dalam firman Allah SAW berikut ini. "Dan pada sebagian malam hari bershalat Tahajutlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan TUhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji". (Q.S. Al-Isra': 79)

Shalat Tahajut disamping mempunyai makna ibadah tambahan sebagaimana disampaikan dalam ayat sebelumnya, shalat Tahajut merupakan kebutuhan dalam menghadapi problem kehidupan. Rasulullah SAW bersabda : "Kalian harus mengerjakan shalat malam, sebab itu kebiasaan orang-orang saleh sebelummu, jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah, penebus dosa dan kejelekan, serta penangkal penyakit dari badan" (HR. Tirmidzi).
"Barang siapa yang berdoa kepada-KU, AKU akan mengabulkannya. Barang siapa yang minta kepada-KU, AKU akan memberinya dan barang siapa yang memohon ampunan kepada-KU, AKU akan mengampuninya."

Itulah keutamaan shalat Tahajud yang merupakan harapan kita sebagai hamba-NYA, yaitu harapan agar doa-doa kita terkabul, segala permintaan diberikan, dan dosa-dosa diampuni. Wallahu a'lam bish - shawab. (Buletin Tahajut Call Indonesia)

1 comment:

Anonymous said...

Semoga kita dimudahkan Allah untuk bermunajat kepada-Nya

GRATIS senilai Rp.99.000
Kaya Dari Facebook Marketing | Profit Bisnis dan Keamanan Pribadi


Download di
"Kaya Dari Facebook Marketing | Profit Bisnis dan Keamanan Pribadi"
Paket Video Facebook GRATIS

Click here to get Kaya Dari Facebook Marketing | Profit Bisnis dan Keamanan Pribadi


Segera klik untuk download Video GRATIS Anda senilai Rp.99.000

Klik disini untuk Download