Monday, July 13, 2009

Memasak Wortel Jangan di Potong

Bismillahirrahmanirrohim

Mungkin kebiasaan ibu - ibu unuk memasak sayur wortel itu di potong - potong, seperti untuk bikin kue seperti Ba'wan dan lain-lain, pada hal wortel yang dimasak di potong-potong kandungan zat gizinya berkurang. Ternyata zat anti kangker akan bertambah 25 persen jika wortel dimasak secara utuh daripada dipotong-potong dulu sebelumnya, itu menurut hasil sebuah penelitian.

Wortel itu juga rasanya lebih enak, menurut ilmuwan dari Newcastle University, karena kandungan gula di dalamnya lebih banyak yang masih tersimpan. "Memotong wortel meningkatkan area permukaannya sehingga lebih banyak zat gizi yang terlepas ke dalam air ketika anda memasaknya," kata pemimpin penelitian Dr Kirsten Brandt.

"Dengan memasaknya secara utuh dan memotongnya setelah dimasak, anda mengunci zat gizi dan rasa di dalam wortel."

Brandt, bersama dengan rekan-rekannya di University of Denmark, menemukan manfaat sehat dari kandungan anti kanker falcarinol di dalam wortel empat tahun lalu.

Tes rasa secara tertutup yang dilakukan diantara 100 orang juga menemukan bahwa 80% lebih memilih rasa wortel yang dimasak secara utuh.

Sumber : perempuan.com

4 comments:

Lutfi sy said...

aku cuma mau katakan: " indahnya ukhuwah, mengapa sulit terrealisir? " masing2 golongan sibuk dengan ego kelompoknya, rizki dan jodoh makin susah didapat karena bumi yang "dipaksa" "pelit".

Ita Irawati said...
This comment has been removed by the author.
Ita Irawati said...

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepd saudara Lutfi telah berkoment di Blog saya ini.

Ukhuwah..??? pasti saudara Lutfi taukan apa makna dari Ukhuwah? Ukhuwah berarti persaudaraan, yang terambil dari akar kata yang pda mulanya memperhatikan, jd Makna kata ini memberi kesan bahwa persaudaraan mengharuskan adanya perhatian semua pihak yang merasa bersaudara.Bisa jadi perhatian itu pada mulanya lahir karena adanya
persamaan di antara pihak-pihak yang bersaudara, sehingga
makna tersebut kemudian berkembang, Secara majazi kata
ukhuwah (persaudaraan) mencakup persamaan salah satu unsur
seperti suku, agama, profesi, dan perasaan. Dalam kamus-kamus
bahasa Arab ditemukan bahwa kata akh yang membentuk kata
ukhuwah digunakan juga dengan arti teman akrab atau sahabat.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah Muhammad SAW telah bersabda, ”Orang Muslim adalah saudara bagi Muslim yang lainnya, maka janganlah berlaku aniaya kepadanya, janganlah menelantarkannya, janganlah membohonginya, dan jangan merendahkannya. Takwa itu di sini (beliau sambil menunjuk ke arah dadanya dan mengulanginya sampai tiga kali). Cukuplah seseorang dikategorikan jelek apabila ia merendahkan saudaranya sesama Muslim. Darah, harta, dan kehormatan setiap Muslim adalah haram bagi Muslim yang lain.”

Dari hadis tersebut dapat kita renungkan ada tahapan di mana kita sudah mulai menolak dan merusak ukhuwah Islamiyah ini. Tahapan pertama adalah ketika kita telah merendahkan Muslim yang lain dan memperoloknya, karena hal ini akan mempermalukan dirinya dan menyakiti hatinya.

Tahapan kedua adalah ketika kita sudah terbiasa berbohong kepada sesama Muslim. Padahal, Rasulullah pernah menjelaskan bahwa seorang Muslim mungkin penakut, mungkin pelit, tapi dia tidak mungkin berbohong (al-hadis).

Tahapan ketiga adalah ketika kita sudah menelantarkan saudara Muslim yang lain dalam penderitaan dan kesusahannya, kemudian berpura-pura tidak melihat dan tidak mendengar, padahal kita diberikan kelapangan oleh Allah SWT untuk membantunya jika kita mau.

Dan tahapan terakhir adalah ketika kita berani menganiaya saudara Muslim yang lain hanya demi tujuan keduniaan sesaat. Bagaimanakah kondisi kita saat ini? Inilah saatnya ukhuwah kita diuji, ketika saudara-saudara kita yang lain sedang terkena musibah, adakah kita akan berdiam diri menelantarkan mereka?

ukhuwah ini dapat menguatkan si lemah dan membuat si kuat tidak sombong. ketika kita merasa sendiri.. trnyata dgn ukhuwah kita msih punya tempat bersandar… menangis…tertawa..de el el

apapun itu..ukhuwah ini begitu indah jika dilandasi kecintaan kpd-Nya panjatkanlah selalu doa kpd orng-orng yang dicintai
moga hati akan semakin terikat dalam Ukhuwah Islamiyah.... wallahu a’lam bishowab

admin_hanna said...

ow, bgitu, ic
thx informasinya :) keep writing

GRATIS senilai Rp.99.000
Kaya Dari Facebook Marketing | Profit Bisnis dan Keamanan Pribadi


Download di
"Kaya Dari Facebook Marketing | Profit Bisnis dan Keamanan Pribadi"
Paket Video Facebook GRATIS

Click here to get Kaya Dari Facebook Marketing | Profit Bisnis dan Keamanan Pribadi


Segera klik untuk download Video GRATIS Anda senilai Rp.99.000

Klik disini untuk Download