Friday, August 7, 2009

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan


Bismillahirrohmanirrohim. "Hai orang - orang yg beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sbgmana telah diwajibkan atas orang2 sebelum kamu, agar kamu bertaqwa". (Q.S: Al-Baqoroh : 183)
Beberapa hari lagi kita akan kedatangan bulan Ramadhan yaitu bulan yg penuh Marokah, Maghfiroh. Kedatangan Ramadhan tahun ini tentu kita sambut dg pnuh kegembiraan, karena Insya Allah, kesempatan menikmati Ibadah Ramadhan kembali kita peroleh. Target utama dari ibadah Ramadhan sbgmana yg disebutkan pd ayat diatas adalah semakin mantapnya ketaqwaan kpd Allah SWT. Sebagai wujud dari rasa gembira itulah, Ramadhan tahun ini tidak boleh kita lewatkan begitu saja tanpa aktivitas yg dpt meningkatkan ketaqwaan diri kita kpd Allah SWT, maka persiapan - persiapan ke arah itu sudah harus kita lakukan, bz secara pribadi maupun bersama-sama.

Ramadhan yg penuh berkah harus kita jdkan sbg momentum utk menyelamatkan diri dg melakukan taqarrub ILALLAH (Mendekatkan diri kpd Allah), baik dg taubat, munajat, dan menjalankan sejumlah peribadatan maupun dg Khidmat yakni memberikan pelayanan yg terbaik kpd masyarakat agar kehidupan kita betul2 dpt dirasakan manfaatnya bg orang lain dan perbaikan masyarakat dpt kita wujudkan dari waktu ke waktu, baik perbaikan diri, keluarga, masyarakat maupun bangsa dan negara.

Dan kita harus mempunyai persiapan untuk menyambut Bulan yang Penuh Berkah ini, seperti apa yang telah di sampaikan oleh Ustadzah Dra. Herlini Amran, MA :

1. Memperbanyak Doa
Jika telah memasuki Bulan Rajab, maka Rasulullah SAW selalu memanjatkan doa:
"Ya Allah berkahilah kami dalam bulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan.",
"Ya Allah bulan Ramadhan telah menaungi kami dan telah hadir, serahkanlah ia oada kami dan serahkanlah kami padanya, karuniakanlah kami kesanggupan untuk berpuasa, dan menegakkan malam-malamnya. dan karuniakanlah kami kesungguhan kekuakan dan semangat serta jauhkanlah kami dari fitnah didalamnya".
"Ya Allah sampaikanlah kami pada Ramadhan dengan aman, keimanan, keselamatan Islam, kesehatan dan terhindar dari penyakit serta bantulah kami untuk melaksanakan shalat, puasa, dan tilawah Al-Qur'an padanya.
2. Memperbanyak aktivitas puasa di bulan Sya'ban,
Seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, dalam hadis Bukhari-Muslim. Aisyah ra. berkata : "Tidaklah aku lihat Rasulullah menyempurnakan puasanya sebulan penuh kecuali pada Ramadhan dan tdk jg aku lht beliau memperbanyak puasa sunnahnya kecuali bulan Sya'ban".
3. Memperbanyak aktivitas Tilawah Qur'an
Sebagaimana yg diungkapkan Anas bin Malik bahwa para sahabat jika memasuki bulan Sya'ban, mereka segera mengambil mushaf dan membacanya.
4. Segera Mengqodho Puasa
Aisyah ra, berkata :"Dulu aku pernah punya hutang puasa Ramadhan, dan aku tidak dapat membayar qodhonya kecuali pada bulan Sya'ban".

5. Saling Maaf Memaafkan sesama Muslim, sehingga dalam memasuki Ramadhan dosa kita dengan semasa sudah terhapuskan sehingga pd bulan Ramadhan hanya menyelesaikan dosa kpd Alah SWT saja, dan pd saat hari raya Idul Fitri tiba, kita benar2 berada dlm keadaan fitrah.
6. Mengkaji Fiqh yg berkaitan dg ibadah Ramadhan, sehingga pelaksanaannya berjalan dg baik berdasarkan pemahaman yang benar.


Ihya Ramadhan atau menghidupan Ramadhan dg berbagai aktivitas yg dpt mendekatkan diri kpd Allah.
Bulan yg penuh berkah, rahmat, dan ampunan ini hendaknya diisi dg memperbanyak ibadah kpd Allah SWT, memperpanjang Ruku, Sujud, Shalat Tarawih, bermunajat kepada Allah, memperbanyak sholat Sunnah, senantiasa berzikir, tilawah dan Tadabbur Al-Qur'an, I'tikaf pd sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, mengurangi waktu tidur pd siang hari (sementara Rasulullah dan Ummahatul Mu'minin selama Ramadhan begitu aktifnya beramal).

Disamping itu aktivitas Ramadhan juga harus dpt memperkokoh hubungan dg sesama, seperti memberikan zakat, infaq dan shodaqoh, ifthor (buka puasa bersama) dll. Menjauhkan diri dari perbuatan laghwu (sia-sia). Bulan Ramadhan adalah fursoh untuk memperbanyak ibadah sehingga kita dpt menjauhi hal-hal yg mempersempit waktu ibadah, seperti menghabiskan waktu hampir seharian di dapur untuk menyiapkan makanan berbuka, karena saat yang terbaik untuk pengisian ruh dan pensucian jiwa akan hilang begitu saja dg pengisian perut dan pengotoran jiwa, menghabiskan waktu di depan televisi dan perbuatan lainnya yg cenderung tidak ada gunanya.

Menahan anggota tubuh dan hati dari perbuatan yg diharamkan mjd suatu keniscayaan dlm bulan Ramadhan ini. Seperti misalnya menahan pandangan mata dari pandangan yg dimakruhkan, menahan pendengaran dari namimah, ghibah, dan kemungkaran, menjaga lisan dan hati dari perbuatan yg dpt mengotorinya. Rasulullah SAW bersabda : "Bukanlah shaum itu sekedar meninggalkan makan dan minum, melainkan meninggalkan pekerjaan sia-sia (tidak bernilai) dan kata-kata sombong (HR. Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah).
Rasulullah SAW juga bersabda : "Barang siapa yg selama berpuasa tdk jg meninggalkan kata-kata bohong, bahkan mempraktekkannya, maka tdk ada nilainya bagi Allah yg ia sangkakan sbg puasa, yaitu sekedar meninggalkan makan dan minum (HR. Bukhari - Muslim)

Dalam Ramadhan ini kita bertekad akan menyelami rahasia kehidupan, dari mana, di mana dan hendak kemana kita? sehingga kita akan menghayati bahwa dunia ini adalah tempat berusaha untuk mematuhi perintah Allah dan akhirat adalah untuk menerima balasan dari-Nya.
Pada bulan Ramadhan ini, kita akan berusaha untuk mendapatkan rahmat dan ampunan Allah, karena sesungguhnya kecelakaanlah bagi orang-orang yg tdk mendapatkan rahmat Allah pada bulan yg penuh dg rahmat ini.

SELAMAT DATANG WAHAI RAMADHAN, BULAN YANG AGUNG, BULAN YANG PENUH BERKAH, BULAN YANG MENGHAPUSKAN DOSA DAN MENGABULKAN DOA BAGI ORANG-ORANG YANG BERSUNGGUH-SUNGGUH BERIBADAH DI DALAMNYA.
YA ILLAHI, ENGKAULAH TUJUAN KAMI DAN KERIDHOANMULAH DAMBAAN KAMI.

Semoga bermanfaat.


2 comments:

yudha said...

semoga qta bisa sukses di ramadhan tahun ini, Amien ya Rabb

Ronaldo Rozalino said...

Selamat Datng bulan ramadhan yang penuh rahmat dan berkah

GRATIS senilai Rp.99.000
Kaya Dari Facebook Marketing | Profit Bisnis dan Keamanan Pribadi


Download di
"Kaya Dari Facebook Marketing | Profit Bisnis dan Keamanan Pribadi"
Paket Video Facebook GRATIS

Click here to get Kaya Dari Facebook Marketing | Profit Bisnis dan Keamanan Pribadi


Segera klik untuk download Video GRATIS Anda senilai Rp.99.000

Klik disini untuk Download